Table of Contents

Persiapan Kuliah

Jurusan Bisnis Digital: Info Kuliah, Prospek Kerja, dan Rekomendasi Kampus

Table of Contents

Dunia bisnis adalah dunia yang terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Perubahan dalam dunia bisnis ini sendiri menuntut para pelaku di dalamnya, baik praktisi, akademisi maupun regulator untuk terus ikut berubah. 

Salah satu perubahan disruptive dalam dunia bisnis beberapa tahun terakhir ini adalah perkembangan teknologi digital. Tidak hanya sekarang para pebisnis bisa menjual produk dan jasanya langsung kepada konsumen, tapi dengan teknologi digital ini, konsumen juga bisa jadi lebih powerful karena mereka bisa membuat user generated content (UGC) yang bisa berdampak langsung pada penjualan dan branding perusahaan. 

Oleh karena itu, kini diperlukan banyak ahli di bidang bisnis digital yang tidak hanya mampu meningkatkan brand presence sebuah perusahaan di dunia online, tetapi juga mampu mengubah persepsi konsumen terhadap brand tersebut. 

Apa Itu Jurusan Bisnis Digital?

Jurusan bisnis digital adalah program studi yang mempelajari secara khusus interaksi antara dunia bisnis dan teknologi digital terkini. Jadi, jika di jurusan bisnis atau manajemen biasa kamu mempelajari teori marketing secara holistik (keseluruhan), maka di jurusan ini, kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan alat-alat digital, seperti website dan media sosial untuk keperluan pemasaran. 

Selain itu, kamu juga akan mempelajari aspek-aspek komunikasi, hukum dan etika yang terkait dengan perkembangan bisnis digital. Misalnya, aspek etika mengenai penggunaan data pribadi konsumen di dunia maya dalam rangka targeted marketing untuk konsumen tersebut atau membahas mengenai undang-undang perlindungan data pribadi di Indonesia. 

Mata Kuliah Jurusan Bisnis Digital

Berikut ini beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di program studi bisnis digital:

  1. Pengantar Bisnis dan Ekonomi: Sebagai calon pelaku bisnis dalam sebuah perekonomian, lulusan jurusan bisnis digital wajib memahami bagaimana sebuah bisnis dan sistem ekonomi dijalankan. 
  2. Hukum dan Etika Bisnis. Tidak perlu dipertanyakan lagi kalau bisnis baik offline maupun online harus mematuhi tata aturan yang berlaku, baik itu tertulis (hukum perundangan) maupun tidak tertulis (norma dan etika). Masalahnya, banyak hal dalam bisnis digital yang perlu dipertanyakan keabsahannya dari sisi hukum maupun etika. 
  3. Pengembangan Website. Hal ini termasuk pengembangan website, dan desain UI/UX serta cara memanfaatkannya.
  4. Akuntansi dan Keuangan. Pembuatan website dan investasi di bidang bisnis digital lainnya tentu membutuhkan konsiderasi keuangan. Oleh karena itu, mahasiswa di jurusan ini juga akan mempelajari aspek akuntansi dan keuangan bidang ini. 
  5. Business Intelligence. Business Intelligence adalah pelajaran yang mempelajari alat-alat dan metode-metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data bisnis. Mata kuliah ini penting untuk pelaku bisnis digital yang ingin memanfaatkan data-data yang dikumpulkan dari konsumen untuk membentuk keputusan bisnis yang menguntungkan. 
  6. Mata kuliah terkait pelanggan (customer). Mata kuliah-mata kuliah ini, seperti customer behavior analysis, customer relationship management  (CRM) dan lain sebagainya. 

Beberapa universitas juga menawarkan program internship, sehingga lulusan jurusan ini dapat memiliki pengalaman dunia kerja dan tidak hanya berkutat pada teori.

Prospek Kerja Jurusan Bisnis Digital

Bisnis digital adalah bidang keilmuan yang sangat luas. Tergantung pada kurikulum universitas yang kamu pilih, berikut ini beberapa prospek pekerjaan yang bisa kamu jajaki setelah menjadi lulusan di bidang ini:

1. Website developer

Website adalah alat utama yang dibutuhkan oleh perusahaan, khususnya perusahaan menengah dan besar untuk meningkatkan kehadiran mereka di dunia digital. Seorang website developer tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan untuk membangun website, tetapi juga memastikan kualitasnya dari hari ke hari. 

2. Digital marketing specialist

Beberapa kampus menawarkan mata kuliah terkait e-commerce, social media marketing, search engine marketing (SEM) dan berbagai mata kuliah lain yang dibutuhkan oleh ahli marketing digital di sebuah perusahaan atau di sebuah agensi creative marketing untuk mengambil keputusan strategis. 

3. Aparatur Sipil Negara (ASN)

Meskipun terdengar cliche, namun kemampuan untuk membuat dan mengelola website serta media sosial amat sangat dibutuhkan oleh pemerintah Indonesia. Sebab, saat ini masing-masing kementerian dan lembaga pemerintahan pusat maupun daerah sudah memiliki website dan media sosial sendiri yang harus dikelola dengan baik. 

4. Konsultan dan peneliti

Selain bekerja menjadi praktisi maupun pembuat regulasi, kamu juga bisa bekerja di perusahaan konsultan bisnis, seperti McKinsey, BCG, Deloitte dan lain sebagainya. Hal ini karena konsultan dan peneliti dibutuhkan untuk menyajikan data-data bisnis terkini dan membantu perusahaan untuk mengambil keputusan strategis agar tidak merugikan. 

5. Wirausahawan

Kamu memiliki bisnis sendiri? Maka, kuliah di bisnis digital adalah salah satu jurusan yang paling cocok untuk pengusaha seperti kamu. Sebab, kuliah di bidang ini akan membantu kamu meningkatkan kehadiran bisnis kamu di dunia digital. Sebab, kamu akan diajari cara untuk membuat website, mengelola data konsumen dan lain sebagainya. 

Universitas yang Ada Jurusan Bisnis Digital

Saat ini belum banyak perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan unik ini. Berikut ini daftar beberapa kampus yang ada jurusan bisnis digital di Indonesia:

1. Universitas Padjadjaran

Program studi S1 bisnis digital di UNPAD merupakan program studi yang relatif baru. Didirikan pada tahun 2018, jurusan bisnis digital di UNPAD sudah mendapatkan akreditasi baik. Selain membekali mahasiswanya dengan berbagai mata kuliah yang dibutuhkan, UNPAD juga menyediakan internship atau magang kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa tidak hanya memiliki pengetahuan teori saja, tetapi juga praktik. 

2. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Program studi S1 Bisnis Digital di UNDIP juga masih relatif baru. Jurusan yang satu ini masih didirikan pada tahun 2023 lalu. Namun demikian, S1 Bisnis Digital UNDIP sudah mendapatkan akreditasi baik dari BAN-PT. 

3. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain yang membuka jurusan S1 Bisnis Digital adalah Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Solo. Sedikit berbeda dengan jurusan yang sama di UNPAD, jurusan bisnis digital di UNS lebih menekankan pada penelitian di bidang ini, sehingga cocok untuk kamu yang ingin menjadi peneliti, konsultan atau akademisi di bidang ini. 

4. Universitas Islam Indonesia (UII)

Selain PTN, beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga membuka jurusan ini. Salah satunya adalah Universitas Islam Indonesia (UII). Salah satu PTS yang terletak di Yogyakarta ini membuka jurusan bisnis digital untuk jenjang sarjana terapan (D4) dengan akreditasi unggul dari BAN-PT. 

Jurusan S1 Bisnis Digital juga dibuka oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (baru dibuka tahun 2024 lalu) dan BINUS University di Malang. 

Taklukkan Jurusan Impian Bersama Skuling!

Tidak dapat dipungkiri kalau jurusan seputar bisnis, seperti manajemen atau akuntansi adalah jurusan yang banyak diminati oleh peserta SNBP, SNBT maupun seleksi mandiri. Buat diri kamu unggul dalam persaingan masuk jurusan impian ini bersama website belajar UTBK Skuling!

Karena dengan Skuling, kamu bisa mengerjakan belasan ribu latihan soal UTBK dan seleksi mandiri terkini serta menguji kemampuanmu dengan puluhan paket tryout gratis. Download Skuling sekarang dan menangkan persaingan di masa depan.