Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Terletak di Bandung, Jawa Barat UNPAD masuk dalam pemeringkatan QS World University Rankings 2024, kampus ini berada di posisi 801-1000 secara global. Ini menunjukkan pengakuan internasional terhadap kualitas pendidikan yang ditawarkan.
Tak heran, banyak sekali siswa sekolah menengah yang ingin masuk ke Universitas Padjajaran. Selain melalui jalur SNBP dan SNBT, kamu juga bisa bisa masuk UNPAD melalui jalur SMUP. Simak materi dan contoh soal SMUP UNPAD berikut ini!
Materi SMUP UNPAD (2024)
Materi ujian untuk jalur SMUP (Seleksi Mandiri Universitas Padjajaran) yang dicantumkan di website resmi smup.unpad.ac.id terdiri dari beberapa mata uji yang dirancang untuk menilai berbagai aspek kemampuan calon mahasiswa.
Tentunya jika ingin lolos jalur mandiri di kampus ini, kamu perlu mempersiapkan strategi yang matang untuk menghadapi ujiannya. Nah, inilah mata ujian yang akan keluar dan penjelasannya!
- Penalaran Umum: Mata uji ini fokus pada kemampuan calon mahasiswa untuk berpikir logis dan analitis. Tes ini biasanya mencakup pertanyaan yang mengukur bagaimana seseorang dapat menarik kesimpulan dari informasi yang diberikan, serta kemampuan untuk memahami hubungan antara berbagai konsep. Penalaran umum penting untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah secara sistematis.
- Pemahaman Bacaan dan Menulis: Mata uji ini menilai kemampuan calon mahasiswa dalam memahami teks bacaan serta keterampilan menulis. Peserta ujian akan diminta untuk membaca teks dan menjawab pertanyaan yang menguji pemahaman mereka terhadap isi, struktur, dan makna teks tersebut. Selain itu, tes ini juga mengukur kemampuan menulis yang jelas dan efektif, termasuk kemampuan untuk menyusun argumen atau menjelaskan ide.
- Pengetahuan dan Pemahaman Umum: Tes ini dirancang untuk menilai pengetahuan umum calon mahasiswa tentang berbagai topik, termasuk berita, isu-isu terkini, dan pengetahuan dasar lainnya. Ini mencakup informasi dari berbagai bidang, seperti sains, sejarah, budaya, dan perkembangan global, untuk mengukur sejauh mana calon mahasiswa memahami dan mengetahui hal-hal yang relevan di sekitar mereka.
- Pengetahuan Kuantitatif: Mata uji ini mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam melakukan perhitungan matematis dan analisis kuantitatif. Peserta akan menghadapi soal-soal yang berkaitan dengan matematika dasar, statistik, dan kemampuan numerik lainnya. Tes ini penting untuk mengevaluasi keterampilan dalam memecahkan masalah berbasis angka dan data.
- Literasi dalam Bahasa Inggris: Tes ini menilai kemampuan calon mahasiswa dalam memahami dan menggunakan bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan. Ini mencakup kemampuan membaca, memahami teks, serta berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris. Literasi bahasa Inggris penting untuk keberhasilan akademik, terutama dalam konteks global dan multibahasa.
- Literasi dalam Bahasa Indonesia: Mata uji ini fokus pada kemampuan calon mahasiswa dalam bahasa Indonesia, termasuk membaca, menulis, dan memahami teks dalam bahasa Indonesia. Tes ini mengukur pemahaman tata bahasa, kosakata, dan kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa nasional.
- Penalaran Matematika: Tes ini dirancang untuk mengevaluasi kemampuan calon mahasiswa dalam memahami dan menerapkan konsep matematika. Peserta akan menghadapi soal-soal yang menguji keterampilan dalam aljabar, geometri, dan analisis matematis. Penalaran matematika membantu menilai kemampuan untuk berpikir logis dan memecahkan masalah menggunakan prinsip matematika.
Saat mengerjakan SMUP Universitas Padjadjaran kamu akan menghadapi 110 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 107 menit. Sistem penilaiannya menggunakan metode Item Response Theory (IRT), yang merupakan teknik canggih untuk mengukur kemampuan peserta berdasarkan jawaban yang diberikan.
Hal yang perlu diingat adalah, seperti dalam UTBK, sistem penilaian TKB ini tidak memberlakukan nilai minus untuk jawaban yang salah. Artinya, tidak akan ada pengurangan nilai jika kamu menjawab salah, jadi kamu bisa mencoba menjawab semua soal tanpa khawatir tentang pengurangan nilai.
Sebagai informasi tambahan, UNPAD merupakan salah satu kampus negeri yang membuka jalur mandiri menggunakan nilai UTBK. Jadi, pastikan sertifikat
Contoh Soal SMUP UNPAD dan Pembahasan
Supaya lebih siap menghadapi SMUP UNPAD, sebaiknya kamu memperbanyak latihan soal. Berikut contoh soal SMUP UNPAD dan pembahasannya!
Bahasa Indonesia
Disukai Manusia Dibenci Nyamuk
Tanaman hias ini bisa membuat rumah jadi sejuk. Baunya pun harum, tapi tak menusuk. Nyamuk-nyamuk yang menghisap aromanya jadi mabuk. Serangga dan kutu busuk pun sungkan untuk masuk. Yang paling penting, tetanaman ini lebih bersahabat daripada semua jenis obat anti nyamuk.
Di negeri tropis seperti Indonesia, nyamuk tidak cuma menyebabkan kita menggerutu karena tidur tidak pulas. Jika sedang apes, korban gigitan harus pindah tidur ke rumah sakit karena ketularan malaria atau demam berdarah. Tak heran produk-produk obat anti nyamuk selalu dicari orang. Mulai dari obat nyamuk bakar, oles, semprot, hingga elektrik.
Menurut Ir. Agus Kardinan, M.Sc.,APU., “pakar serangga” dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro) Bogor, ada dua golongan tanaman pengusir nyamuk. Golongan pertama, tanaman hidup pengusir nyamuk. Dalam bentuk utuh dan hidup, tanaman golongan ini bisa membuat nyamuk-nyamuk nakal tidak betah berada di sekitarnya. Efek ini karena adanya minyak atsiri yang keluar dari daun atau bunga tanaman itu. Contoh golongan ini yaitu zodia, geranium, rosemary, lavender, dan selasih.
Golongan kedua adalah tanaman penghasil bahan anti nyamuk. Contoh : serai wangi, kayu putih, dan cengkeh. (sumber : Intisari)
Contoh soal 1
Teks yang berjudul “Disukai Manusia Dibenci Nyamuk” termasuk jenis karangan …
A. narasi
B. deskripsi
C. argumentasi
D. eksposisi
E. informasi
Jawaban: D
Pembahasan:
Karangan eksposisi adalah jenis tulisan yang bertujuan untuk memberikan informasi atau menjelaskan sesuatu secara rinci dan objektif. Dalam teks ini, penulis memberikan informasi tentang tanaman hias yang bisa mengusir nyamuk, menjelaskan berbagai jenis tanaman yang termasuk dalam golongan pengusir nyamuk dan penghasil bahan anti nyamuk, serta menguraikan manfaat dan kegunaannya.
Contoh soal 2
Gagasan utama yang terkandung dalam paragraf pertama teks diatas adalah …
A. tetanaman yang lebih bersahabat
B. obat pengusir nyamuk
C. nyamuk dan serangga sungkan masuk rumah
D. baunya harum, tetapi tak menusuk
E. tanaman yang bisa menyejukkan rumah
Jawaban: B
Pembahasan:
Gagasan utama dalam sebuah paragraf adalah ide sentral atau inti yang menjadi fokus paragraf tersebut. Mari kita tinjau paragraf pertama dari teks “Disukai Manusia Dibenci Nyamuk”:
“Tanaman hias ini bisa membuat rumah jadi sejuk. Baunya pun harum, tapi tak menusuk. Nyamuk-nyamuk yang menghisap aromanya jadi mabuk. Serangga dan kutu busuk pun sungkan untuk masuk. Yang paling penting, tanaman ini lebih bersahabat daripada semua jenis obat anti nyamuk.”
Dalam paragraf ini, penulis memperkenalkan tanaman hias yang memiliki beberapa manfaat, termasuk membuat rumah lebih sejuk, memiliki aroma harum, dan yang paling penting, berfungsi sebagai pengusir nyamuk serta serangga lainnya.
Gagasan utama di sini adalah bahwa tanaman hias ini berfungsi sebagai obat pengusir nyamuk, yang merupakan poin penting yang ditekankan dalam paragraf tersebut. Penjelasan mengenai manfaat tambahan seperti membuat rumah sejuk dan harum adalah detail yang mendukung gagasan utama tersebut.
Contoh soal 3
Kalimat yang mengandung kata bermakna konotatif terdapat dalam …
A. Keluarga itu sepertinya mendapat durian runtuh, kehidupan mereka berubah.
B. Para pembeli menyukai durian yang matang pohon.
C. Durian bangkok selalu menjadi unggulan di kelasnya.
D. Harga durian mengalami fluktuasi.
E. Kebanyakan makan durian, tidak baik bagi kesehatan.
Jawaban: A
Pembahasan:
Kalimat yang mengandung kata bermakna konotatif terdapat dalam A. Keluarga itu sepertinya mendapat durian runtuh, kehidupan mereka berubah. Kata “durian runtuh” di sini digunakan secara metaforis untuk menggambarkan keberuntungan besar, bukan makna literal dari durian yang jatuh. Konotasi ini memberi makna tambahan di luar arti harfiah.
Contoh soal 4
Kata bermakna denotatif terdapat dalam kalimat …
A. Karena menjadi mata-mata musuh, tentara bayaran itu dijatuhi hukuman mati.
B. Jari tangan anak itu mencolok matanya sendiri.
C. Mata-mata pelajaran yang diajarkan di sekolah bertaraf internasional itu sudah memadai.
D. Mata hatinya telah buta sehingga ia gelap mata.
E. Setiap hari libur dia berkunjung ke mall sekadar mencuci mata.
Jawaban: C
Pembahasan:
Kata bermakna denotatif terdapat dalam kalimat **C. Mata-mata pelajaran yang diajarkan di sekolah bertaraf internasional itu sudah memadai.** Di sini, “mata-mata” digunakan dalam makna literal sebagai bagian dari kurikulum pelajaran, tanpa makna tambahan atau kiasan.
Bahasa Inggris
Text 1
The vast majority of people in developing countries live in rural areas, on farms, in villages or in rural market towns. In some countries such as Rwanda and Malawi more than 90 percent of the total population lives in the rural areas. The main purpose of education in these areas is to provide everybody (not only those in urban areas) with relevant knowledge, skills, attitudes and ideas which will enable them to lead more fulfilling, productive, and satisfying lives.
To assert that everyone has a ‘right’ to education has little practical meaning unless this ‘right’ is translated into terms of some ‘minimum package’ of attitude, knowledge and skills for all people in a given society. To do otherwise is to create a privileged class at the expense of everyone else. Vague objectives such as ‘giving every child a good basic education’ (often defined as four to six more years of formal schooling) are meaningless when huge sections of the population are getting little or no education at all.
One solution is this : rather than attempt to enroll every child for a seven or eight-year cycle of primary schooling, which is not financially feasible anyway for many countries for many years to come, the strategy should be a shorter four to five-year primary cycle to provide every child with the minimum educational needs – literacy, numeracy, health education and those technical and entrepreneurial skills needed – to make a decent living. This primary education should be geared for the large majority who will not continue their studies beyond this stage, who will enter straight into productive life.
Contoh soal 1
This passage is about …
A. education program for urban areas in developed countries.
B. education program for Asian countries.
C. education program for African countries.
D. education program for rural areas in developing countries.
E. education program for urban and rural areas in developing countries.
Jawaban: D
Pembahasan:
Passage ini membahas tantangan dan solusi terkait pendidikan di daerah pedesaan di negara-negara berkembang. Ia menyebutkan bahwa mayoritas orang di negara berkembang tinggal di daerah pedesaan dan menekankan pentingnya memberikan pendidikan dasar yang memadai kepada semua anak di daerah tersebut, dengan fokus pada siklus pendidikan yang lebih pendek untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.
Contoh soal 2
The main purpose of education is to provide with relevant knowledge, skills, attitudes and ideas.
A. everybody
B. only those in urban areas
C. people in rural areas
D. people in developing countries
E. people in developed countries
Jawaban: A
Pembahasan:
Tujuan utama dari pendidikan, seperti yang dijelaskan dalam teks, adalah untuk memberikan semua orang pengetahuan, keterampilan, sikap, dan ide yang relevan.
Hal ini tercermin dari pernyataan dalam teks yang menyatakan bahwa pendidikan harus inklusif dan tidak terbatas pada kelompok tertentu, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan, melainkan harus berlaku bagi semua orang dalam masyarakat agar mereka dapat menjalani kehidupan yang lebih memuaskan dan produktif.
Contoh soal 3
Bangkok, Thailand, which is nicknamed the “Venice of Asia”, has ….. canals.
A. a little
B. a
C. much
D. many
E. a lot
Jawaban: E
Pembahasan:
Untuk melengkapi kalimat “Bangkok, Thailand, which is nicknamed the ‘Venice of Asia’, has ….. canals,” pilihan yang paling tepat adalah E. a lot.
Matematika Dasar
Contoh soal 1
Kelas reguler terdiri dari 60 mahasiswa dan kelas paralel 40 mahasiswa. Nilai rata-rata ujian statistika kelas reguler 10 lebih tinggi dari rata-rata kelas paralel. Apabila kedua kelas digabung, maka nilai rata-ratanya menjadi 60. Maka nilai rata-rata kelas reguler adalah
A. 62
B. 63
C. 64
D. 65
E. 66
Jawaban: C
Pembahasan:
Untuk menentukan nilai rata-rata kelas reguler, mari kita gunakan informasi yang diberikan:
- Kelas reguler terdiri dari 60 mahasiswa.
- Kelas paralel terdiri dari 40 mahasiswa.
- Nilai rata-rata ujian statistik kelas reguler adalah 10 poin lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas paralel.
- Rata-rata gabungan kedua kelas adalah 60.
Misalkan:
- R adalah nilai rata-rata kelas reguler.
- P adalah nilai rata-rata kelas paralel.
Diketahui bahwa:
R=P+10
Rata-rata gabungan dapat dihitung dengan formula:
Rata-rata gabungan=60+40(60×R)+(40×P)
Diketahui bahwa rata-rata gabungan adalah 60:
60=(60×R)+(40×P)/100
Kita substitusi nilai
R=P+10 ke dalam rumus rata-rata gabungan:
60=(60×(P+10))+(40×P)/100
Sederhanakan:
60=60P+600+40P/100
60=100P+600/100
60=P+6
P=60−6
P=54
Sekarang kita substitusi nilai
P untuk menemukan
R=P+10
R=54+10
R=64
Contoh soal 2
Dipastikan setiap pasien yang memeriksakan diri di rumah sakit Sulianti Saroso terjangkit penyakit flu burung atau TBC. Dari 20 pasien yang diperiksa, ternyata 17 orang dinyatakan positif flu burung dan 12 orang dinyatakan terjangkit TBC. Berapa orang pasien yang terjangkit flu burung dan TBC?
A. 3
B. 8
C. 5
D. 9
E. 19
Jawaban:
Pembahasan:
Untuk menentukan jumlah pasien yang terjangkit flu burung dan TBC, kita bisa menggunakan prinsip himpunan dan aturan penjumlahan.
Diketahui:
- Total pasien: 20
- Pasien flu burung: 17
- Pasien TBC: 12
Kita ingin mengetahui berapa pasien yang terjangkit kedua penyakit tersebut.
Mari kita gunakan rumus:
∣F∪T∣=∣F∣+∣T∣−∣F∩T∣
Di mana:
- ∣F∪T∣ adalah jumlah total pasien (20)
- ∣F∣ adalah jumlah pasien flu burung (17)
- ∣T∣ adalah jumlah pasien TBC (12)
- ∣F∩T∣ adalah jumlah pasien yang terjangkit kedua penyakit
Substitusi ke dalam rumus:
20=17+12−∣F∩T∣
20=29−∣F∩T∣
∣F∩T∣=29−20
∣F∩T∣=9
Yuk, Kerjakan Lebih Banyak Latihan Soal di Skuling!
Yuk, kerjakan lebih banyak latihan soal di Skuling.id! Dengan ribuan soal yang selalu up to date dan bisa diakses secara gratis, Skuling adalah platform bank soal UTBK yang tepat untuk mempersiapkan ujianmu. Soalnya mirip dengan SMUP UNPAD dan dirancang untuk membantumu memahami materi dengan lebih baik dan siap menghadapi ujian.
Jangan lupa untuk mengeksplorasi berbagai informasi dan panduan yang kami tawarkan untuk persiapan seleksi mandiri PTN. Kami menyediakan panduan lengkap dan tips berharga untuk meningkatkan peluangmu.
Makanya, stay tuned di blog Skuling jika kamu ingin terus mendapatkan informasi seputar tips UTBK, masuk PTN, dan beasiswa. Kami akan terus memberikan update yang bermanfaat dan membantu dalam perjalanan akademik.
Bergabunglah dengan Skuling dan tingkatkan persiapan ujianmu. Sign up sekarang!
0 Komentar