Kumpulan Soal UTUL UGM Saintek dan Cara Menyelesaikannya

oleh | Agu 12, 2024 | Tips Belajar | 0 Komentar

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas terbaik yang menjadi incaran para siswa sekolah menengah. Sayangnya, untuk menjadi mahasiswa atau mahasiswi di kampus ini bukanlah sesuatu yang mudah.

Apabila kamu sudah mendaftar melalui jalur UTBK SNBT namun belum lolos. Tak perlu merasa minder, masih ada jalur UTUL yang bisa dicoba. Simak kumpulan soal UTUL UGM Saintek dan cara menyelesaikannya berikut!

Kumpulan Soal UTUL UGM Saintek dan Cara Menyelesaikannya

UTUL UGM kelompok Saintek terdiri dari beberapa mata pelajaran. Supaya lebih mudah, contoh soal akan disajikan sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing. Simak berikut ini!

Matematika IPA 

Contoh soal 1 

Sembilan motor terdiri dari 4 Honda, 3 Yamaha dan 2 Suzuki akan diparkir membentuk suatu barisan. Jika setiap merk motor tidak boleh terpisah dari barisan tersebut, maka banyaknya barisan yang dapat terbentuk adalah …..

A. 188 

B. 376 

C. 864 

D. 1728

Jawaban: D

Pembahasan:

​​Untuk menentukan jumlah barisan yang dapat terbentuk ketika sembilan motor (4 Honda, 3 Yamaha, 2 Suzuki) harus berkelompok sesuai merek:

1. Mengatur kelompok motor:

Terdapat 3 kelompok (Honda, Yamaha, Suzuki).

Cara mengatur 3 kelompok:
3!=6

2. Mengatur motor dalam setiap kelompok:

Honda: 4! cara:
4!=24

Yamaha: 3! cara:
3!=6

Suzuki: 2! cara:
2!=2

3. Total cara:

Mengalikan semua hasil:

3!×4!×3!×2!=6×24×6×2=1728

Contoh soal 2 

Ada 5 pasang tamu dalam suatu ruangan di sebuah pesta. Jika masing-masing tamu belum saling mengenal kecuali dengan pasangannya dan mereka berjabat tangan dengan setiap orang yang belum mereka kenal, maka terjadi jabat tangan sebanyak ….

A. 30

B. 35

C. 40

D. 45

E. 50

Jawaban: C

Pembahasan:

Untuk menghitung jumlah jabat tangan yang terjadi dalam suatu ruangan dengan 5 pasang tamu (10 orang), di mana setiap tamu belum saling mengenal kecuali dengan pasangannya, kita dapat menggunakan konsep kombinasi:

  1. Total jumlah orang: 10 orang.
  2. Setiap orang berjabat tangan dengan semua orang kecuali dirinya sendiri dan pasangannya:
    • Jadi, setiap orang berjabat tangan dengan  10−1−1= 8 orang.
  3. Menghitung total jabat tangan:
    • Karena setiap jabat tangan dihitung dua kali (misalnya, A berjabat tangan dengan B dan B berjabat tangan dengan A), kita perlu membagi hasil totalnya dengan 2.
    • Jumlah total jabat tangan:
      10×8/2 =40.

Contoh soal 3 

Dari suatu deret aritmatika dengan suku ke-n adalah Un, diketahui U3 +U6 +U9 +U12 =72. Jumlah 14 suku pertama deret ini adalah …….

A. 231 

B. 238 

C. 245 

D. 252 

E. 259

Jawaban: D

Pembahasan:

Dari suatu deret aritmatika, diketahui U3 +U6 +U9 +U12 =72. Dengan rumus suku ke-n deret aritmatika, Un =a+(n−1)d, kita substitusi untuk n=3,6,9,12: U3 =a+2d, U6 =a+5d, U9 =a+8d, U12 =a+11d. Jadi, (a+2d)+(a+5d)+(a+8d)+(a+11d)=4a+26d=72, menghasilkan 2a+13d=36. Jumlah 14 suku pertama adalah S14 =214 (2a+13d)=7×36=252. Jadi, jawabannya adalah D. 252.

Fisika 

Contoh soal 1

Sebuah mobil bergerak lurus dipercepat dari keadaan diam dengan percepatan 5 m/s2. Mobil tersebut kemudian bergerak dengan kecepatan konstan. Setelah beberapa saat mobil mulai diperlambat 5 m/s2 hingga berhenti. Bila kecepatan rata-rata mobil adalah 20 m/s dan waktu total untuk bergerak 25 detik, maka mobil tadi bergerak dengan kecepatan tetap selama

A. 20 detik

B. 18 detik

C. 15 detik

D. 10 detik

E. 5 detik

Jawaban: C

Pembahasan:

Mobil memiliki waktu total 25 detik dan kecepatan rata-rata 20 m/s. Dengan percepatan 5 m/s² dan perlambatan 5 m/s², waktu percepatan dan perlambatan adalah sama.

  1. Waktu percepatan dan perlambatan:
    • Kecepatan konstan dicapai setelah waktu percepatan (t1 ) dan kemudian menurun dengan waktu perlambatan (t3 ) yang sama.
    • Total waktu: 25=2t1 +tkonstan .
  2. Kecepatan konstan:
    • Percepatan a=5 m/s2, jadi kecepatan maksimum  v=5×t1 .
    • Waktu konstan:  tkonstan =25−2t1 .
  3. Menghitung  t1  dengan kecepatan maksimum 20 m/s:
    t1 =5 detik dan tkonstan =25−2×5=15 detik.

Jadi, mobil bergerak dengan kecepatan konstan selama 15 detik.

Contoh soal 2

Sebuah objek yang menghasilkan cahaya berada pada jarak L dari layar. Agar objek ini dapat memiliki bayangan jelas di layer maka panjang fokus maksimum yang dapat dimiliki sebuah lensa yang berada antara objek dan layar adalah ….

A. 4L 

B. 2L 

C. L 

D. L/2 

E. L/4

Jawaban:E

Pembahasan:

Agar bayangan jelas di layar, lensa harus berada di antara objek dan layar dengan jarak total L. Panjang fokus maksimum f lensa terjadi saat jarak objek (do ) dan jarak bayangan (di) sama, yaitu do =di =2L . Dengan substitusi:

1/f=1/L/2 +1/L/2 = 4/L ⟹f=L/4

Jadi, panjang fokus maksimum lensa adalah L/4.

Contoh soal 3

Dalam spektrum hidrogen, rasio panjang gelombang terpendek untuk radiasi Paschen terhadap panjang gelombang terpanjang radiasi Balmer adalah ….

A. 5/48 

B. 5/4 

C. 1/3 

D. 3

E. 9

Jawaban: E

Pembahasan:

Rasio panjang gelombang terpendek radiasi Paschen (λPaschen ) terhadap panjang gelombang terpanjang radiasi Balmer (λBalmer ) adalah:

  1. Panjang Gelombang Terpendek Paschen:
    λPaschen =9/R
  2. Panjang Gelombang Terpanjang Balmer: 

 λBalmer =4/R

Rasio:

λBalmer/ λPaschen =9/R/4/R =9/4

Jadi, rasio panjang gelombang terpendek Paschen terhadap panjang gelombang terpanjang Balmer adalah 9.

Kimia 

Contoh soal 1 

Pada sistem kesetimbangan heterogen, konsentrasi zat padat atau cair dianggap tetap

SEBAB

Tetapan kesetimbangan hanya bergantung pada konsentrasi gas dan larutan

Pembahasan: 

Pernyataan tersebut benar. Berikut penjelasan singkatnya:

Pernyataan 1 (Konsentrasi zat padat atau cair dianggap tetap):

  • Dalam sistem kesetimbangan heterogen, konsentrasi zat padat atau cair sering dianggap tetap karena perubahan konsentrasi zat padat atau cair sangat kecil selama reaksi, sehingga efeknya terhadap kesetimbangan dapat diabaikan.

Pernyataan 2 (Tetapan kesetimbangan hanya bergantung pada konsentrasi gas dan larutan):

  • Tetapan kesetimbangan ( Kc ) untuk reaksi kimia heterogen hanya bergantung pada konsentrasi gas dan larutan, karena konsentrasi zat padat atau cair yang terlibat tidak berubah secara signifikan dan dianggap konstan.

Kesimpulan: Kedua pernyataan tersebut benar dan saling mendukung. Jadi, konsentrasi zat padat atau cair dianggap tetap dalam sistem kesetimbangan heterogen karena tetapan kesetimbangan hanya bergantung pada konsentrasi gas dan larutan.

Contoh soal 2

Helium terbentuk dari peluruhan unsur radioaktif secara alami, sedangkan argon terbentuk hanya dalam satu peluruhan unsur radioaktif

SEBAB

Argon hanya dihasilkan dari peluruhan kalium 40, ‘sedangkan helium atau partikel alfa diemisikan oleh banyak isotop radioaktif

Pembahasan:

Pernyataan 1: Helium terbentuk dari peluruhan unsur radioaktif secara alami.

  • Benar. Helium terbentuk dari peluruhan radioaktif melalui proses peluruhan alfa, di mana inti helium ( 4He) dipancarkan oleh isotop radioaktif. Misalnya, uranium dan thorium mengalami peluruhan alfa menghasilkan helium sebagai produk peluruhan.

Pernyataan 2: Argon hanya dihasilkan dari peluruhan kalium-40, sedangkan helium atau partikel alfa diemisikan oleh banyak isotop radioaktif.

  • Benar, namun dengan penjelasan tambahan. Argon-40 ( 40Ar) sebagian besar dihasilkan dari peluruhan kalium-40 ( 40K) melalui proses peluruhan beta. Helium-4 ( 4He), atau partikel alfa, diemisikan oleh banyak isotop radioaktif.

Kesimpulan: Kedua pernyataan tersebut benar, dan pernyataan kedua menjelaskan mengapa argon dihasilkan terutama dari kalium-40, sedangkan helium dihasilkan dari berbagai isotop radioaktif. Jadi, kedua pernyataan benar dan pernyataan kedua memberikan alasan yang benar untuk pernyataan pertama.

Biologi 

Contoh soal 1 

Interaksi antar individu di dalam populasi dapat bersifat….

A. simbiosis

B. kompetisi

C. parasitisme

D. predasi

E. komensalisme

Jawaban: B

Pembahasan:

  1. Kompetisi (B): Terjadi ketika individu dalam populasi yang sama bersaing untuk sumber daya terbatas seperti makanan, tempat tinggal, atau pasangan.
  2. Simbiosis (A): Merupakan interaksi antara individu dari spesies yang berbeda, bukan dalam populasi yang sama.
  3. Parasitisme (C): Adalah interaksi antara individu dari spesies yang berbeda, di mana satu individu (parasit) mendapatkan manfaat sementara individu lainnya (inang) dirugikan.
  4. Predasi (D): Interaksi antara individu dari spesies yang berbeda, di mana satu individu (predator) memakan individu lainnya (mangsa).
  5. Komensalisme (E): Adalah interaksi antara individu dari spesies yang berbeda, di mana satu individu mendapatkan manfaat tanpa mempengaruhi individu lainnya secara signifikan.

Jadi, interaksi antar individu di dalam populasi, seperti bersaing untuk sumber daya, adalah kompetisi.

Contoh soal 2 

Reproduksi aseksual sangat menguntungkan bagi individu yang…

A. sangat sulit mencari pasangan hidup

B. hidup di lingkungan yang selalu berubah

C. mempunyai mobilitas tinggi

D. mempunyai daerah persebaran luas

E. memproduksi gamet dalam jumlah banyak

Jawaban: A

Pembahasan:

  • Reproduksi aseksual memungkinkan individu untuk berkembang biak tanpa memerlukan pasangan. Ini sangat menguntungkan dalam situasi di mana mencari pasangan hidup sulit atau tidak mungkin, seperti dalam lingkungan yang terbatas atau jika individu tersebut tidak memiliki mobilitas tinggi.
  • B. hidup di lingkungan yang selalu berubah: Reproduksi aseksual lebih menguntungkan dalam lingkungan yang stabil, bukan yang selalu berubah, karena individu yang berkembang biak secara aseksual tidak mengalami variabilitas genetik yang dihasilkan oleh reproduksi seksual.
  • C. mempunyai mobilitas tinggi: Reproduksi aseksual tidak bergantung pada mobilitas tinggi. Bahkan, dalam beberapa kasus, mobilitas rendah atau tidak ada mobilitas lebih cocok dengan reproduksi aseksual.
  • D. mempunyai daerah persebaran luas: Meskipun reproduksi aseksual dapat membantu penyebaran individu, daerah persebaran luas tidak secara langsung berkaitan dengan keuntungan reproduksi aseksual.
  • E. memproduksi gamet dalam jumlah banyak: Ini lebih berkaitan dengan reproduksi seksual, dimana gamet (sel telur dan sperma) diproduksi dalam jumlah banyak untuk meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A. sangat sulit mencari pasangan hidup.

Contoh soal 3 

Berikut adalah parameter yang dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan pada manusia, KECUALI…

A. berat badan

B. tinggi badan

C. lingkar badan

D. jumlah gigi

E. lingkar kepala

Jawaban: D

Pembahasan:

Parameter yang umum digunakan untuk mengukur pertumbuhan pada manusia meliputi:

  • Berat badan (A): Mengukur penambahan berat tubuh sebagai indikator pertumbuhan.
  • Tinggi badan (B): Mengukur pertumbuhan panjang tubuh secara keseluruhan.
  • Lingkar badan (C): Mengukur ukuran tubuh pada titik-titik tertentu (misalnya, lingkar pinggang) untuk penilaian pertumbuhan.
  • Lingkar kepala (E): Khususnya penting untuk mengukur pertumbuhan otak pada anak-anak.

Jumlah gigi (D) tidak digunakan sebagai parameter utama untuk mengukur pertumbuhan karena jumlah gigi tidak memberikan indikasi langsung tentang pertumbuhan fisik tubuh secara keseluruhan.

Contoh soal 4 

Untuk memperoleh 12 mol ATP, suatu reaksi glikolisis memerlukan glukosa sebanyak ….

A. 2mol

B. 3 mol

C. 4 mol

D. 6 mol

E. 12 mol

Jawaban: D

Pembahasan:

Glikolisis adalah proses yang mengubah satu molekul glukosa menjadi dua molekul piruvat, menghasilkan 2 mol ATP (neto) per mol glukosa.

  1. Satu mol glukosa menghasilkan:
    • 2 mol ATP (neto) dari glikolisis.
  2. Untuk memperoleh 12 mol ATP:
    • Karena 1 mol glukosa menghasilkan 2 mol ATP, maka diperlukan:

Jumlah glukosa = 12  mol ATP/2  mol ATP per mol glukosa=6 mol glukosa

Jadi, untuk memperoleh 12 mol ATP, diperlukan 6 mol glukosa.

Yuk, Kerjakan Lebih Banyak Latihan Soal di Skuling!

Kamu bisa menemukan lebih banyak latihan soal di Skuling. Skuling.id merupakan platform latihan soal yang kompehensif dan variatif. Kamu bisa mengaksesnya kapan dan dimana saja secara cuma-cuma alias gratis.

Tak hanya itu, di Skuling juga terdapat fitur leaderboard yang bisa memonitor hasil belajarmu sehingga motivasi belajar terus ada. Skuling adalah salah satu website untuk belajar UTBK gratis yang antarmukanya ramah dan menyenangkan. 

Skuling juga memiliki blog yang berisi informasi penting mengenai PTN, baik seleksi mandiri, UTBK hingga tips belajar dan bertahan di dunia kampus, misalnya berbagai teknik belajar seperti teknik feynman. Jadi tunggu apalagi? Yuk sign up di Skuling dan rasakan manfaatnya!

Banner download app Skuling

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *